Sabtu, 02 Oktober 2010

Rekayasa Perangkat Lunak


BAGIAN SATU

BAB I  PRODUK

Perangkat lunak memiliki dua fungsi
1.             Sebagai sebuah produk, perangkat lunak mengantarkan pontensi penghitungan yang dibangun oleh perangkat lunak computer.
2.             Sebagai sebuah kendaraan yang dipakai untuk mengantarkan produk, perangkat lunak berlaku sebagai dasar untuk control computer (sistem operas), komunikasi informasi (jaringan) dan penciptaan serta control dari program-program lain.

Serangkaian masalah yang berhubungan dengan perangkat lunak masih muncul selama era evolusi sistem basis komputer dan intensitas masalah-masalah tersebut terus bertambah.
1.             Kemajuan perangkat keras (hardware) terus berlanjut, melampaui kita untuk membangun perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat keras yang ada
2.             Kemapuan kita untuk membangun program baru tidak dapat memenuhi kebutuhan akan program baru, juga tidak dapat membangun program yang cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pasar.
3.             Pemakaian komputer yang tersebar luas membuat masyarakat semakin tergantung pada operasi perangkat lunak yang reliable. Kerusakaan ekonomi yang besar dan potensi pederitaan manusia dapat muncul bila terjadi kegagalan perangkat lunak.
4.             Kita berjuang untuk membangun perangkat lunak komputer dengan reliabilitas dan kualitas yang sangat tinggi.
5.             Kemapuan kita untuk mendukung program yang ada terhambat oleh buruknya desain serta sumber daya yang tidak memadai.

Perspektif Industri

Para menajer dan praktisi sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan tentang perangkat lunak seperti berikut.
1.             Mengapa membutuhkan waktu yang sangat lama untuk meyelesaikan program?
2.             Mengapa biayanya sangat tinggi?
3.             Dapatkah kita menemukan kesalahan yang ada pada program sebelum menedistribusikannya kepada pelanggan?
4.             Mengapa sangat sulit bagi kita untuk mengukur kemajuan pada saat perangkat lunak dikembangkan?

Abad Pabrik Perangkat Lunak

Dalam masalah resiko yang kedengarnya sangat melodramatic, perusahaan perangkat lunak sekarang ini berbeda di dalam posisi yang sama dengan apa yang dialami oleh perusahaan-perusahaan baja pada tahun 1950 dan 1960. Perusahaan-perusahaan yang besar maupun kecil memiliki apa yang disebut software plant. Ada ribuan aplikasi berbasis perangkat lunak dengan kondisi kritis yang sangat perlu diperbaharui:
1.             Aplikasi sistem informasi yang ditulis 20 tahun yang lalu, yang mengalami 40 generasi perubahan dan sekarang tidak mungkin lagi dilakukan uapaya pembaruan bahkan modifikasi yang paling sederhana sekalipun sudah akan membuat perangkat lunak tersebut gagal beroperasi.
2.             Aplikasi pengembangan yang dipakai untuk memproduksi desain data telah kritis, dan karena cara pemeliharaan serta usia yang sudah tua, membuat tidak ada orang yang mengetahui struktur internalnya.
3.             Embedded system (dipakai untuk mengontrol sumber tenaga, rambu udara, dan perusahaan besar, diatara ribuan macam aplikasi) yang sangat aneh serta kadang-kadang mempunyai kelakuan yang tidak dapat dijelaskan tetapi tidak dapat dibawa keluar untuk diperbaiki, karena tidak ada lagi yang dapat menggantikan posisinya.

Daya Saing Perangkat Lunak

Sekarang ini perangkat lunak sudah menjadi lahan yang sangat kompetitif. Perangkat lunak yang dulu dibangun secara internal di dalam komputer sekarang sudah dapat diproduksi secara terpisah. Perusahaan yang pada awalnya harus membayar sepasukan pemerogram untuk menghasilkan aplikasi tertentu, sekarang dapat mengambil tenaga dari luar dan dilakukan pada partai ketiga.
   Biaya, jangka waktu yang tak terbatas, dan kualitas, merupakan pengendali utama yang membuat persaingan usaha perangkat lunak tidak pernah terhenti selama beberapa decade terakhir.

Perangkat Lunak

Gambaran perangkat lunak di dalam sebuah buku teks mungkin mengambil bentuk berikut: perangkat lunak adalah 1. Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan. 2. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsonal, dan 3. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Karakteristik Perangkat Lunak

Perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki cirri yang berbeda dari perangkat keras.
1.             Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik.
2.             Perangkat lunak tidak pernah usang





3.             Sebagian perangkat lunak dibuat secara custom-build, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada

Komponen Perangkat Lunak

Reusability merupakan suatu cirri penting dari komponen perangkat lunak kualitas tinggi. Sebuah perangkat lunak harus didesain dan diimplementasikan sehingga dapat dipakai lagi pada berbagai program yang berbeda.
Komponen-komponen reusable modern mengenkapsulasi data dan pemrosesan yang diaplikasikan ke data yang memungkinkan insinyur perangkat lunak membuat aplikasi baru dari bagian-bagian yang dapat digunakan kembali. Contohnya interface interaktif saat ini duat dengan menggunakan komponen reusable yang mampu membuat jendela-jendela grafis, menu-menu pull-down, dan mekanisme interaktif dengan variasi yang sangat luas.
Komponen perangkat lunak dibangun dengan bahasa pemrograman yang memiliki kosakata yang terbatas, sebuah tata bahasa yang dibatasi secara ekplisit, serta aturan-aturan syntax yang dibentuk secara baik.
Bahasa tingkat mesin merupakan perwakilan simbolik dari serangkaian intruksi CPU. Ketika pengembang perangkat lunak yang baik memproduksi sebuah program yang di dokumentasikan dengan baik dan juga dapat diperbarui, maka bahasa tingkat mesin dapat secara ekstrim menggunakan memori dan kecepatan eksekusi program secara efisien.
Bahasa tingkat menengah memungkinkan pengembangan perangkat lunak serta program tidak tergantung pada mesin. Ketiga digunakan penerjamah yang lebih canggih, maka kosakata, tata bahasa, syntax, dan semantic dari bahasa tingkat menengah dapat menjadi lebih canggih daripada bahasa tingkat mesin. Bahasa pemrograman yang masih dipakai secara luasdi dalam industry seperti COBOL, Fortran, 95, C, C++, Eiffel, Java, dan Smalltalk.
Bahasa generasi keempat, juga disebut bahasa nonprocedural, menggerakkan pengembang lunak untuk mengkhususkan pada detail procedural. Bahasa nonprocedural secara tidak langsung menyatakan sebuah program melalui spesifikasi hasil yang diharapkan, dan tidak pada aksi yang dibutuhkan untuk mengcapai hasiltersebut.

Aplikasi Perangkat Lunak

·                Perangkat Lunak Sistem Perangkat merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain. Perangkat Lunak Sistem misalnya Kompiler, Editor, dan untilitas pengatur file.
·                Perangkat Lunak Real-Time merupakan program-program yang memonitor/menganalisis/ mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya. Elemen-elemen PL Real-Time mencakup komponen pengumpul data yang mengumpulkan dan memformat informasi dari lingkungan eksternal, sebuah komponen analisis yang mentransformasi informasi pada saat dibutuhkan oleh aplikasi.
·                Perangkat Lunak Bisnis adalah pemrosesan informasi binsis merupakan area aplikasi perangkat lunak yang paling luas.
·                Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan adalah perangkat lunak yang ditandai dengan algoritma number crunching. Perangkat lunak ini memiliki jaringan mulai dari Astronomi sampai vulkanologi, dari analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa, dan dari biologi molekuler sampai pabrik yang sudah diotomatisasi.
·                Embedded Software Produk pintar telah menjadi bagian yang umum bagi hampir semua konsumen dan pasar industry. Embedded software ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industry.
·                Perangkat Lunak Komputer Personal merupakan pasar yang telah berkembang selama beberapa dekade terakhir. Pengolah kata, spreadsheet, grafik komputer, multimedia, hiburan, manajemen database, aplikasi keuangan bisnis dan personal jaringan atau akses database hanya merupakan beberapa saja dari ratusan aplikasi yang ada.
·                Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan menggunakan algortima non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung.

MITOS PERANGKAT LUNAK

*             Mitos perangkat lunak memilik sejumlah atribut yang membuat mereka tersembunyi dan berbahaya. Contohnya mitos itu muncul sebagai sebuah pernyataan yang masuk akal tentang kenyataan, pernyataan yang berisi perasaan intuitif dan sering disebarluaskan oleh para praktisi professional yang mengerti tentang nilai.
*             Mitos Menejeman Manager yang bertanggung jawab terhadap masalah perangkat lunak, seperti juga manajer pada kebanyakan disiplin, sering mengalami tekanan karena masalah pengaturan keuangan, menjaga jadwal agar tidak kacau, dan peningkatan kualitas.
*             Mitos Pelanggan Pelanggan yang memesan perangkat lunak komputer mungkin orang yang duduk di meja sebelah, sekelompok teknisi yang ada di tingkat bawah, bagian pemasaran atau perusahaan lain yang memesan perangkat lunak dengan cara kontrak.
*             Mitos Para Praktisi merupakan mitos yang masih dipercaya oleh praktisi perangkat lunak yang sudah dihapus oelh beberapa dekade budaya pemrograman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar